Human Resource Development Department atau HRD adalah satu dari 3 (tiga) departemen yang ada di HimaAksi, khususnya dalam bidang akademik serta mengembangkan kemampuan-kemampuan non-akademik yang dimiliki pengurus pada umumnya. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Departemen HRD dikepalai oleh seorang kepala departemen yang dibantu oleh sekretaris departemen dan kepala divisi.

Departemen HRD terdiri dari 3 (tiga) divisi utama yaitu Divisi Akademik, Divisi non-Akademik, dan Divisi Kewirausahaan.

Divisi Akademik

Divisi Akademik mempunyai tugas meningkatkan bidang akademik pengurus maupun mahasiswa Jurusan Akuntansi serta menyediakan fasilitas-fasilitas peningkatan akademik melalui berbagai macam kegiatan yang bersifat akademis. Divisi Akademik dikepalai oleh seorang kepala divisi yang memiliki tugas mengkoordinasikan masing-masing anggotanya dalam rangka peningkatan bidang akademik mahasiswa Jurusan Akuntansi.

Divisi non-Akademik

Divisi non-Akademik mempunyai tugas meningkatkan kemampuan di luar akademik pengurus HimaAksi agar lebih professional serta memberikan fasilitas pada pengurus yang ingin belajar bekerja sama dengan divisi yang terdapat di dalam departemen lain. Divisi non-Akademik dikepalai oleh seorang Kepala Divisi non-Akademik yang memiliki tugas mengkoordinasikan masing-masing anggotanya dalam rangka meningkatan kemampuan non-akademik anggota HimaAksi.

Divisi Kewirausahaan

Divisi Kewirausahaan adalah divisi yang bertanggung jawab dengan fungsi dan peran menumbuhkan jiwa enterpreneuership (kewirausahaan) pengurus pada khususnya dan masyarakat akuntansi pada umumnya. Selain itu, tugas dari Divisi Kewirausahaan yaitu menjadi daya usaha dana atau pemasukan untuk kas HimaAksi. Divisi Kewirausahaan dikepalai oleh seorang Kepala Divisi Kewirausahaan yang memiliki tugas mengkoordinasikan masing-masing anggotanya dalam rangka meningkatan kemampuan enterpreneuership (kewirausahaan) anggota HimaAksi.